Kekerasan TKI di Luar Negeri

RI akan Hentikan Sementara Pengiriman TKI

VIVAnews – Pemerintah Indonesia kemungkinan menerapkan penghentian sementara (moratorium) pengiriman tenaga kerja ke luar negeri. Tujuannya untuk memberi sinyal kepada pemerintah yang menjadi tujuan agar serius memberi perlindungan kepada tenaga kerja Indonesia.

“Berbagai kasus kekerasan terhadap TKI terjadi karena ketidakseimbangan antara supply dan demand. Jadi Indonesia harus menghindari agar tidak jadi korban dari permintaan negara-negara itu,” kata Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda usai rapat kerja dengan Komisi I DPR, Senin 22 Juni 2009.

Menurut Wirajuda, tanggapan terhadap rencana moratorium sudah mulai mendapat perhatian, seperti dari pemerintah Kuwait.

Wirajuda menambahkan untuk melakukan moratorium pengiriman tenaga kerja tidak bisa dilakukan sepihak. Moratorium tetap membutuhkan kesepakatan dari negara-negara yang selama ini menjadi tujuan pengiriman TKI.

Wirajuda mengatakan suksesnya pembenahan perlindungan tenaga kerja melalui moratirum juga memerlukan dukungan dari masyarakat dan penyelenggara pengiriman tenaga kerja.

Sebab, jika masih berlangsung pengiriman tenaga kerja ilegal, kata dia, kemungkinan moratorium tidak akan efektif menyelesaikan masalah.

“Intinya pembenaan di luar negeri berdasarkan pada pembenahan di dalam negeri. Yang terletak pada budaya kerja atau corporate culture,” katanya.

Menilik Bayang-bayang Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya
Chandrika Chika.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

Polisi berhasil mencokok enam orang terkait kasus penyalahgunaan narkoba, salah satunya yakni Selebgram Chandrika Chika. Mereka positif ganja hingga metafetamin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024