NASIONAL

TKI Hilang di Malaysia, Keluarga Lapor Komnas

Pihak keluarga kehilangan kontak dengan Susilawaty sejak tahun 2002 lalu.

ddd
Selasa, 23 Juni 2009, 16:46 Amril Amarullah, Erinaldi
TKI
TKI (ANTARA/Ahmad Subaidi)

VIVAnews - Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) Sumatera Barat mendapat laporan kehilangan seorang TKI asal Padang, Sumatera Barat. Keluarga meminta Komnas HAM untuk mencari tahu keberadaan anggota keluarganya yang bekerja di Malaysia sejak tujuh tahun lalu.

Menurut laporan Eri Ermanto ke Komnas HAM Sumbar, pihak keluarga kehilangan kontak dengan Susilawaty sejak tahun 2002 lalu. "Tiga minggu sejak keberangkatannya ke Malaysia tahun 2002, dia tidak pernah memberi kabar tentang keberadaannya di sana," kata kakak TKI asal Sumbar, Eri Ermanto di Komnas HAM Sumbar, Selasa 23 Juni 2009.

Eri mengatakan, adiknya bekerja di Sepang di salah satu pabrik di kawasan tersebut. Susilawaty sempat mengeluhkan tidak tahan untuk terus bekerja di Malaysia karena tangannya sakit.

"Itu pembicaraan terakhir antara Susi dengan pihak keluarga," kata Eri. Saat itu pun, Susi tidak menjelaskan apa penyebab dari sakit yang dideritanya karena telepon terputus.

Menurut perusahaan jasa tenaga kerja (PJTKI) Mitra Andalan Prestasi yang mengirim Susi ke Malaysia, kontrak kerja Susi berakhir tahun 2004. Saat diberangkatkan sebagai TKI ke Malaysia, Susilawaty baru berumur 19 tahun.

Pihak PJTKI Andalan Mitra Prestasi mengatakan, telah berupaya memulangkan Susi ke Padang setelah kontrak kerjanya berakhir tahun 2004. "Saat berada di mess penampungan dan hendak berangkat pulang ke Padang, Susilawaty kabur dari penampungan," kata Direktur PT AMP Syafiani Kasim pada wartawan.

Menurut Kasim, pihaknya mendapat cerita dari sejumlah TKI yang berangkat melalui PT AMP bahwa Susi berpacaran dengan orang Malaysia. Alasan tersebut yang menguatkan bahwa Susi memilih kabur dari tempat penampungan sehingga tidak jadi pulang ke Indonesia.

Hanya saja, pihak keluarga Susi hingga saat ini tidak mengetahui keberadaan Susi yang sejak berangkat ke Malaysia 2002 lalu menghilang tanpa kabar.

Eri menilai, berbagai pihak tidak bertanggungjawab dengan kehilangan adiknya. Pihak keluarga juga sempat melaporkan kejadian tersebut ke Polda Sumbar atas kasus hilangnya Susi.

Laporan: Eri Naldi | Padang



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com