Akhir 2009, Seluruh Peradilan Miliki IT



VIVAnews- Mahkamah Agung (MA) menargetkan akhir 2009 seluruh pengadilan sudah memiliki teknologi informasi. Teknologi tersebut akan membantu proyek transparansi MA.

Demikian dikatakan Ketua MA Bagir Manan usai melantik lima ketua pengadilan tinggi (PT) di gedung MA Jakarta, Selasa 23 September 2008.  Kelima ketua PT tersebut adalah Ketua PT Pekanbaru Mahdi Soroinda, Ketua PT Gorontalo  Muchtar Ritonga, Ketua PT Agama Bandung Zainal Imamah, Ketua PT Agama Surabaya Kusno, dan Ketua PT Agama Palangkaraya Said Husin.

 Bagir menilai teknologi informatika merupakan satu instrumen penting dalam upaya transparansi dan akuntabilitas yang tengah dilakukan peradilan saat ini. Sebab, kata dia, dengan teknologi informatika, publik memiliki akses untuk masuk ke pengadilan.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

"Hingga sekarang, sudah 170 pengadilan punya teknologi informasi. Akhir 2009 akan datang saya harap seluruh pengadilan mempunyai teknonogi informasi,"ujarnya.
Ia berharap, akses tersebut menjadi mekanisme kontrol peradilan karena publik bisa memberikan masukan-masukan. "Untuk perbaikan sistem pengadilan Indonesia,"sambungnya.

Selain itu, Bagir juga mengimbau agar pengadilan mengembangkan penyelesaian perkara di luar persidangan, salah satunya mediasi. Dengan metode mediasi, menurutnya, perkara bisa diselesaikan tanpa biaya mahal. Selain itu, tugas hakim pun menjadi ringan karena tidak perlu menggelar sidang untuk kasus-kasus yang diselesaikan dengan cara mediasi.

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Hakim, menurut Bagir,  cukup menjadi mediasi dua belah pihak yang berkonflik seraya memberikan masukan-masukan yang bisa menyelesaikan masalah.

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024