Peluncuran Roket Pertama dari Garut

Bisa Ditembakkan Dari Batam Ke Singapura

VIVAnews -  Indonesia untuk yang kedua kalinya berhasil meluncurkan roket rakitan buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Peluncuran roket RX-420 itu berlangsung di Garut, Jawa Barat, sekitar pukul 9 pagi ini.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Berita tentang peluncuran roket itu sepi dari media massa nasional, tetapi ramai diberitakan media negera tetangga seperti Singapura dan Malayasia.

Indonesia memang jarang-jarang meluncurkan roket. Ini baru kedua kalinya.  Juli 2007 lalu Indonesia juga pernah meluncurkan 12 roket untuk kepentingan militer dari Garut.

Kepala LAPAN Adi Sadewo Salatun mengatakan jangkauan 12 roket itu 50 kilometer, sementara roket yang baru saja jenis RX-420 diluncurkan sejauh 100 kilomureter.

Dari 12 roket yang diluncurkan tahun 2007 lalu, di antaranya untuk keperluan militer yakni roket tipe RX-70 FFAR yang berdaya jangkau 50-7,5 km. Artinya, jika ditembakan dari Batam,roket-roket itu bisa menjangkau Singapura.

Juru bicara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Elly Kuntjahyowati, mengungkapkan bahwa peluncuran roket rakitan pagi hari ini merupakan bagian dari ambisi LAPAN untuk meluncurkan satelit dengan roket produksi dalam negeri pada 2014.

LAPAN, menurut Elly, mengaku senang dengan suksesnya peluncuran roket itu. LAPAN pun berencana memadukan teknologi RX-420 itu dengan teknologi roket yang telah diujicoba tahun lalu untuk meluncurkan satelit pada 2014.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024