Roket Terbesar Buatan Indonesia

VIVAnews - Indonesia sukses melakukan uji coba terbang roket RX-420, Kamis, 2 Juli kemarin. Roket dengan jarak tempuh 101 kilometer dan dapat mencapai ketinggian 53 kilometer itu merupakan roket terbesar yang pernah diuji.

"RX-420 adalah roket terbesar yang dibuat Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)," kata juru bicara Lapan, Elly Kuntjahyowati, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnew, Jumat, 3 Juli 2009.

Uji terbang roket itu merupakan tahapan untuk membangun Roket Pengorbit Satelit (RPS) yang diharapkan terbang pada 2014. Roket ini memiliki sudut elevasi (kemiringan) 700. Selain itu, RX-420 memiliki kecepatan 4,4 mach (kecepatan suara).

Uji coba peluncuran itu dilakukan di Instalasi Uji Terbang Lapan, Pameungpeuk, Jawa Barat, Kamis, 2 Juli 2009. Uji coba itu disaksikan Menteri Negara Riset dan Teknologi, (Menristek) Dr. Kusmayanto Kadiman dan Kepala BPPT Marzan A. Iskandar.

Hadir pula perwakilan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Departemen Pertahanan, TNI dan Polri, PT Dirgantara Indonesia (PT DI), dan PT Bukaka.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Selain menguji terbang RX-420 dalam rangka penyempurnaan rancang bangun, Lapan juga meluncurkan dua RX-100 yang berdiameter 110 mm. Roket ini memiliki berat luncur 30 kg dan panjang 1900 mm.

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024