Indonesia Luncurkan Roket di Garut

Roket Itu Cikal Bakal Rudal Darat Indonesia

VIVAnews - Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhan) RI Juwono Sudarsono mengatakan, ujicoba roket terbesar buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Kamis 2 Juli 2009 kemarin, menjadi cikal bakal perkembangan alutsista Indonesia di masa depan.

Selain itu, Juwono melanjutkan, peluncuran roket untuk mengukur langkah kemampuan alternatif bagi alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia.

Namun demikian, Departemen Pertahanan masih mempertimbangkan apakah roket RX-420 bisa menjadi salah satu senjata penangkal di darat yang dapat diandalkan sehingga, Indonesia tidak memerlukan armada kapal atau senjata perang lainnya. Jadi ini akan menjadi basis utama pertahanan darat Indonesia.

"Faktor biaya sangat menentukan, apakah pengembangan rudal berpangkal di darat lebih murah dibanding dengan membeli alutsista seperti kapal atau pesawat," ujar Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono di Jakarta.

Selain itu, Juwono menyebutkan pihaknya akan mengkalkulasikan kekuatan rudal berpangkal di darat tersebut bisa menjadi pangkal yang efektif dan efisiensi atau masih diperlukan patroli laut dan udara.

Sebelumnya, Kamis 2 Juli 2009, LAPAN bekerja sama dengan Menteri Riset dan Teknologi menguji coba peluncuran rudal RX-420 di Garut, Jawa Barat, dengan daya jelajah sekitar 100 kilometer dan empat kali kecepatan suara.

amril.78@vivanews.com

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
Han So Hee.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Han So Hee lagi-lagi menjadi sorotan pengguna media sosial. Kali ini, Han So Hee disebut menyerang Hyeri melalui unggahannya pada Jumat pagi 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024