SBY Diminta Buka Akses ke Dunia Bagi Aceh

VIVAnews - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka jalur ekonomi seluas-luasnya bagi Aceh, dan membiarkan Aceh membagun hubungan internasional.

"Dengan kemenagan bapak SBY yang mencapai 93 persen di Aceh, kita harapkan beliau dapat membuka jalur internasional di Aceh," kata Irwandi, saat memberikan sambutan dalam pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke V, di Banda Aceh.

Menurut Irwandi, Selama ini ada isu yang menyebutkan bahwa stop internasionalisasi Aceh. Dengan kemenangan yang begitu besar di Aceh, dia meminta Yudhoyono mengeluarkan kebebasan bagi Aceh untuk berhubungan dengan internasional. 

"Ini demi kehidupan ekonomi Aceh yang lebih baik setelah damai, dan demi keutuhan wilayah NKRI," ujarnya.

Presiden Soesilo Bambang Yudhono mengucapkan terima kasih kepada rakyat Aceh yang telah memberikan kesempatan kepadanya untuk memimpin indonesia selama lima tahun kedepan. Dia berjanji akan memajukan Aceh.

"Saya berjanji akan berbuat lebih baik lagi untuk memajukan Aceh dan Indonesia secara umum," ujarnya.

Yudhoyono membuka secara resmi Pekan Kebudayaan Aceh PKA ke V dan Aceh internasional Ekspo, dengan menabuh Rapa’i. Dia memuji masyarakat Aceh yang gigih memperjuangkan budayannya.

Usai membuka PKA Presiden juga menyempatkan diri berkunjung kebeberapa ajungan di taman ratu safiatuddin Banda Aceh. Besok presiden akan meresmikan Bandara internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, sebelum bertolak ke Jakarta.

Laporan: Muhammad Riza | Banda Aceh

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU
Ilustrasi Gelombang Tinggi

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan badai atau hujan yang dapat disertai petir atau kilat di sejumlah titik di 27 provinsi di Indonesia pada Kamis.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024