Perburuan Jaringan Noordin M Top

Polisi Lacak Tempat Outbond 'Calon Pengantin'

VIVAnews - Kepolisian Wilayah Bogor terus melacak dan memburu sang perekrut 'calon pengantin' alias bomber bunuh diri, Saefudin Jaelani alias Syaifudin Zuhri (32).

Kepala Kepolisian Wilayah Bogor, Komisaris Besar Agung Sabar Santoso mengatakan berdasarkan laporan warga polisi mengecek sebuah lokasi outbond, di daerah Gunung Bunder, Bogor, yang diduga jadi tempat pendoktrinan calon pengantin yang dilakukan SJ.

"Kami mendapatkan informasi dari warga masyarakat. Ada warga yang mengaku melihat SJ dan Noordin M Top ke daerah tersebut," kata dia di Bogor, Selasa 18 Agustus 2009.

Warga juga mengaku pernah melihat SJ membawa para remaja berkemah di situ. Diduga di sanalah mereka didoktrin untuk menjadi 'calon pengantin'.

Namun, ketika polisi melakukan perburuan di lokasi tersebut, hasilnya nihil. "Hasilnya tidak ada," tambah dia.

Ditambahkan Agung, Polwil Bogor akan mempersempit gerak para teroris, terutama SJ yang kemungkinan masih di Bogor.

Lokasi outbond di Gunung Bunder terdapat di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Lokasi tersebut adalah bumi perkemahan di daerah pegunungan. Letaknya, jauh dari pusat kota Bogor, sekitar tiga jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

Ustad SJ saat ini jadi buruan polisi.  Dia diduga merekrut Dani Dwi Permana, bomber Hotel JW Marriott dan Ikhwan Maulana alias Nana, bomber Hotel Ritz Carlton. Diduga, masih ada beberapa remaja yang dibidik SJ jadi 'calon pengantin' berikutnya.

Saefudin kerap mengisi pengajian di Masjid As-Surur masih di dalam komplek Telaga Kahuripan, Bogor. Di masjid inilah, Dani juga menjadi pengurus. Namun, belakangan Saefudin menghilang.

Saefudin diduga kuat adalah ipar Ibrohim alias Boim, aktor kunci dalam peledakan di JW Marriott dan Hotel Ritz Carlton. Polisi telah mendapatkan gambaran sosok Saefudin ketika dia berada di rumah persembunyian di Kompleks Puri Nusaphala, Jati Asih Bekasi.

Di tempat itulah, polisi menemukan bahan-bahan peledak yang diduga akan digunakan untuk meledakan Istana Negara dan kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Ledakan Terdengar di Irak hingga Suriah Imbas Serangan Israel ke Iran

Laporan: Ayatullah Humaeni| Bogor

Ilustrasi: Tumpukan emas batangan pada uang kertas dolar AS.

Harga Emas Global dan Antam Terus Tembus Rekor Tertinggi saat Konflik di Timur Tengah Memanas

Harga emas global berada di jalur kenaikan mingguan kelima, sedangkan Antam kembali mencetak rekor harga tertinggi sepanjang masa.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024