1640 Napi di Sulsel Dapat Remisi Lebaran

VIVAnews - Sebanyak 1.640 narapidana (napi) dan tahanan akan mendapatkan remisi khusus dari Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM (Kanwil Depkum HAM) Sulawesi Selatan. Remisi itu diberikan terkait dengan perayaan keagamaan Idul Fitri 1430 Hijriah yang dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kepala Kanwil Depkum HAM Sulsel Sjamsul Bahri menjelaskan, pemberian remisi khusus terhadap napi itu merupakan total dari 25 unit pelaksana teknis (UPT) lembaga pemasyarakatan (lapas) maupun rumah tahanan (rutan) yang ada di Sulawesi Selatan.

Remisi tersebut mengacu pada Kepres UU 12 tahun 1995 yang mengatur tentang pemasyarakatan. Dari kepres tersebut kemudian muncul persyaratan bagi napi yang berhak mendapat remisi.

"Terkait tentang keirnganan hukuman itu berpariasi yakni masa potong tahanan dari 15 hari hingga dua bulan,” kata Sjamsul Bahrie yang dihubungi VIVAnews, Jumat, 18 September 2009.

Dia juga merinci, dari 25 UPT Lapas dan Rutan di Sulsel, napi di Lapas Makassar yang paling banyak mendapat remisi, yakni sebanyak 460 orang. Menyusul kemudian Lapas Narkotika sebanyak 126 napi.

Sementara, untuk yang mendapat remisi dan dinyatakan bebas pada hari lebaran nanti sebanyak 36 orang. Yakni kepada napi Lapas Makassar 3 orang, Lapas Narkotika 4 orang, Lapas Palopo 2 orang, Lapas Parepare 4 orang, Lapas Barru 4 orang, tahanan di Rutan Makassar 4 orang, serta tahanan di Rutan Sidrap 3 orang.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Lebih jauh Syamsul berharap, para napi yang mendapat remisi pada hari raya Idul Fithri tahun ini, agar memaknai hadiah tersebut. Syamsul juga menghimbau agar para mantan napi dan tahanan, khusunya yang remisi bebas, setelah kembali ke keluarga sebaiknya tidak masuk lagi ke tempat tersebut.

"Mereka telah ditempa selama ditahanan. Semoga mereka memanfaatkan keterampilan yang selama ini diperoleh saat berada di lapas dan rutan," harapnya.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024