Hari Ini Jamaah Naqsabandiyah Rayakan Lebaran

VIVAnews - Ratusan jamaah thareqat Naqsabandiyah hari ini, Sabtu 19 September 2009, menggelar shalat Idul Fitri 1430 H di sejumlah tempat di Padang, Sumatera Barat.

Di kawasan Pasar Baru, Kecamatan Pauh, terdapat dua lokasi yang dijadikan tempat shalat Idul Fitri bagi jamaah tersebut. Menurut Zahar, Imam Surau Baru, surau tertua tempat pengembangan Naqsabandiyah di Padang, hal serupa juga dilakukan penganut ajaran tersebut di Sumbar.

"Ini sesuai dengan keyakinan kami dan setelah menggenapkan puasa menjadi 30 hari pada Ramadhan tahun ini," kata Zahar pada VIVAnews, usai shalat Idul Fitri, Sabtu, 19 September 2009.

Sedikitnya, tercatat sekitar 50 surau atau mushalla naqsabandiyah berada di sejumlah daerah di Sumbar. Ustadz Zahar bertindak sebagai imam pada shalat Idul Fitri di Surau Baru sedangkan khatib Angku Abdullah.

Shalat Idul Fitri dimulai sekitar pukul 07.30 WIB dan berakhir sekitar 08.30 WIB. Menurut Zahar, berakhirnya Ramadhan juga membuat tradisi Suluak (khalwat) yang dilakukan sejumlah jamaah naqsabandiyah juga berakhir.

Suluak merupakan tradisi jamaah naqsabandiyah yang dilakukan selama ramadhan dengan menginap di surau selama 10 hari sampai 40 hari. Selama bersuluak, para jamaah thareqat mengaji tentang kebesaran Allah dan menggelar dzikir.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024