Info Mudik

Pemudik di Bandara Mataram Naik 21 Trip

VIVAnews - Arus Mudik Lebaran di Bandara Selaparang Mataram meningkat. Tahun 2009 ini untuk penerbangan domestik mencapi 21 trip dengan tingkat pertumbuhan 10,5% untuk kedatangan, 4,77% untuk keberangkatan.

Rata-rata perjalanan baik kedatangan maupun keberangkatan pesawat untuk penerbangan domestik, hal itu terhitung sejak H-4 sebelum lebaran jumlah penumpang pesawat yang tiba di Bandara Selaparang Mataram, mencapai 1747 orang untuk penerbangan domestik dan 156 orang dari penerbangan Internasional.

Meski demikian berbagai maskapai penerbangan tidak menambah jumlah armada mereka. Menurut Airport Duty Manager Bandara Selaparang Agus Adi Pratomo masing-masing maskapai penerbangan memili kebijakan tersendiri untuk penambahan armada.

Namun rata-rata keputusan tersebut dipengaruhi oleh tingkat kedatangan dan keberangkatan penumpang yang tidak mencapai 100 persen. "Memang pemudik yang menggunakan pesawat tahun ini lebih banyak, tapi peningkatannya tidak signifikan,"kata Agus kepada wartawan di Mataram Sabtu 19 September 2009.

Penumpang pesawat yang tiba di Bandara Selaparang umumnya berasal dari tiga daerah seperti Jakarta,Surabaya dan Bali. Jumlah pemudik yang datang dari luar NTB tahun ini lebih sedikit dibanding pemudik yang meninggalkan NTB yang mencapai 1775 orang.

Tahun lalu jumlah keberangkatan orang dari NTB mencapai 1345 penumpang dengan 21 trip perjalanan pesawat. Sedangkan pada keberangkatan Internasional tahun ini mencapai 107 orang lebih sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai 113 orang.

Pola pengamanan yang diterapkan di Bandara Selaparang tampak di perketat.Itu dilakukan untuk mengantisipasi gangguan dari luar NTB terutama terkait terorisme mengingat Lombok menjadi Icon pariwisata.

Kedatangan para pemudik terutama di terminal Internasional juga tampak lebih tertib karena saat ini Tenaga Kerja Indonesia yang mudik memperoleh pelayanan tersendiri. "Kita inginkan yang terbaik bagi pemudik yang keluar masuk melalui Bandara Selaparang ini,"ujarnya.

Jika arus mudik tahun ini tidak mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun sebelumnya,pihak Bandara Selaparang justru memperkirakan arus balik yang akan mengalami peningkatan. Tahun lalu puncak arus balik terjadi pada H+2 Lebaran yang mencapai 1849 orang.

Agus berharap baik arus mudik dan arus balik melalui Bandara Selaparang Mataram tahun ini berjalan lancar.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan
Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024