Malaysia: Isu Pendet dan Pulau Jemur Berakhir

VIVAnews - Tari Pendet dan Pulau Jemur, dua isu yang sempat memanaskan hubungan Indonesia dan negeri jiran, Malaysia dianggap telah usai.

Penjelasan dari pemerintah Malaysia dan pemerintah Malaysia dianggap cukup untuk menyelesaikan dua permasalahan tersebut.

Menurut Kepala Arsip Kedutaan Malaysia di Indonesia, Raja Reza Raja Zaib Shah mengatakan sebanyak 6.000 mahasiswa Malaysia yang kuliah di 13 universitas terakreditasi di Indonesia tak perlu khawatir dengan sentimen anti Malaysia yang disebarluaskan oleh media massa di Indonesia.

"Untuk kami dan para mahasiswa disini, dua isu itu sudah selesai dan tak lagi jadi perhatian masyarakat. Tudingan bahwa Malaysia mengklaim Tari Pendet asal Bali, tak terbukti," kata dia seperti dimuat laman New Straits Times, Kamis 24 September 2009.

Sementara untuk masalah Pulau Jemur, Raja Reza mengatakan telah dijelaskan oleh Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman dan Menteri Luar Negeri Indonesia, Hassan Wirajuda, ada tiga pulau yang memiliki nama yang sama, Pulau Jemur, salah satunya adalah milik Malaysia di perairan Selangor.

Mahasiswa Malaysia di Indonesia, lanjut dia, diimbau untuk memusatkan perhatian mereka pada studinya. Mahasiswa jiran di Indonesia juga diminta mengkampanyekan persahabatan antara Indonesia dan Malaysia.

Sementara, Direktur Departemen Mahasiswa Malaysia, Junaidi Abu Bakar mengatakan pelajar asal Malaysia telah menunjukan kedewasaannya dengan tak berekasi atas laporan negatif di media massa Indonesia.

Kontroversi panas Tari Pendet berawal dari iklan 'Enigmatic Malaysia' di Discovery Channel. Meski hanya 30 detik, penayangan tari khas Bali untuk menunjukan identitas Malaysia  menyulut emosi sebagian masyarakat Indonesia.

Sementara, klaim bahwa Pulau Jemur merupakan destinasi wisata Malaysia dimuat dalam beberapa laman pariwisata, seperti Travel Journal dan laman Osvaja.net.

Pulau Jemur adalah pulau milik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Letaknya sekitar 72,4 km dari Bagan Siapi-api dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024