Gempa 7,6 SR Guncang Sumbar

Awas, Zona Rawan Bencana di Sumatera Barat

VIVAnews - Gempa bumi dengan kekuatan 7,6 skala Richter yang menimpa wilayah Sumatera Barat sudah lima hari lewat. Namun, trauma atas bencana belum hilang, terutama di daerah terkena gempa. Apalagi, hujan deras dalam beberapa hari ini kerap terjadi di wilayah Sumatera Barat.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Departemen Energi, di wilayah Provinsi Sumatra Barat banyak terdapat zona kerentanan gerakan tanah menengah hingga tinggi. Karena itu, gempa bumi yang terjadi pada Rabu, 30 September 2009 masih dapat berpotensi memicu terjadinya gerakan tanah atau tanah longsor. 

Menurut paparan Departemen Energi, daerah-daerah perbukitan di wilayah Sumatra Barat masuk dalam kategori zona kerawanan tinggi, bahkan sangat tinggi. Di peta ditandani dengan warna pink dan merah.

Departemen Energi mengingatkan masyarakat yang bermukim di atas, pada dan di bawah tebing dengan kemiringan lereng sedang hingga terjal perlu waspada. Apalagi, jika teramati ada retakan pada badan bukit, masyarakat harap mengungsi ke tempat yang aman.

"Ini untuk menghindari longsoran tanah jika terjadi gempa bumi susulan atau air hujan yang dapat memicu longsoran," demikian paparan Departemen Energi.

Blockchain Bikin Transaksi Keuangan Lintas Batas Enggak Ribet

Peta zona rawan gempa

heri.susanto@vivanews.com

Satu Jenazah Korban Kecelakaan KM 58 Tol Cikampek Teridentifikasi Wanita asal Bogor
Ketupat

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Bagi orang Indonesia yang beragama Muslim, lebaran atau Idul Fitri selalu dilengkapi dengan makanan khas yang disebut ketupat.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024