Gempa Sumatera Barat

Rumah Sementara PKS untuk Korban Gempa

VIVAnews - Tim Relawan Partai Keadilan Sejahtera wilayah Aceh membuat terobosan baru untuk memberikan kenyamanan pada korban gempa Sumatera Barat. Sejak 27 relawan PKS tiba di Sumatera Barat pada 3 Oktober 2009 lalu, mereka membangun rumah sementara.

Rumah sementara ini berbasis bambu, tanaman yang juga banyak ditemui di sekitar lokasi gempa. Bambu dipakai sebagai kerangka rumah sederhana berukuran tiga kali empat meter. Sebagai dinding dan atap, digunakan terpal plastik.

Koordinator Tim PKS Aceh Tgk Irwansyah mengatakan sudah membangun 40 buah rumah dari 500 rumah yang ditargetkan. Tim membangun rumah-rumah sederhana ini di Desa Balah Aie, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam rilis yang diterima VIVAnews, Selasa 6 Oktober 2009, Irwansyah mengatakan biaya pembangunan satu rumah berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 1,2 juta. PKS menargetkan rumah sederhana ini dibutuhkan sebanyak 15 ribu buah. Dalam masa tanggap darurat ini, PKS akan membangun 500 buah.

“Saat ini tidak dibutuhkan relawan, yang dibutuhkan adalah bantuan rumah,” ujar Irwansyah. Untuk itu dia menghimbau kepada seluruh masyarakat Aceh agar sebaiknya mengirimkan dana untuk pembangunan rumah dan tidak mengirimkan relawan lagi. Donatur yang khusus menyumbangkan rumah untuk mengurangi beban korban gempa yang dapat disalurkan melalui Bank BRI Cab. Banda Aceh No. Rek. An. Agus Wahyudi 0037-01-073564-50-7 atau langsung ke kantor DPW dan DPD PKS di seluruh Aceh.

Selain membangun pemukiman sementara, Tim PKS juga telah melakukan pendataan jumlah kerusakan fisik dan korban jiwa. Tim juga melakukan evakuasi mayat di Korong Lubuk Laweh, Kecamatan Patamuan, Padang Pariaman. Ditemukan 4 mayat dari 138 mayat yang diperkirakan masih tertimbun. Setelah itu timnya membangun beberapa buah tenda darurat untuk korban yang masih hidup.

Saat ini Timnya menfokuskan pada pembangunan rumah sementara untuk korban gempa yang selamat. Irwansyah mengatakan kebutuhan rumah untuk kabupaten Padang Pariaman sebanyak 15 ribu rumah. Dan menurutnya PKS Aceh sementara ini akan membangun 500 buah rumah.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024