Gubernur Jawa Timur, Soekarwo

"Tidak Ada yang Tahu Kapan Gempa Terjadi"

VIVAnews - Mengantisipasi terjadinya gempa dan tsunami di wilayah pesisir pantai selatan Jawa Timur, pemerintah daerah meminta setiap rumah memasang alat peringatan dini berupa kentongan.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, siaga penuh ini dilakukan mengingat bencana tidak dapat diprediksi kapan akan datang. "Gempa tidak ada yang tahu kapan akan terjadi, tetapi apa yang diprediksi LIPI ini merupakan potensi di Indonesia, salah satunya di sini (Jawa Timur)," kata Soekarwo kepada VIVAnews, Selasa 6 Oktober 2009.

Karena itulah, gubernur meminta seluruh kabupaten/kota di Jatim, khususnya di wilayah selatan agar melakukan antisipasi gempa melalui sistem peringatan dini. "Antisipasi itu bisa juga dilakukan dengan menyiapkan masyarakat melakukan langkah-langkah darurat jika terjadi gempa,” ujar Soekarwo.

Pemerintah Jawa Timur sudah menerima laporan bahwa beberapa daerah telah melakukan antisipasi dini. Salah satunya Kabupaten Lumajang yang telah melakukan pelatihan pada warganya dan khususnya daerah pesisir selatan.

Soekarwo menambahkan bahwa sistem peringatan dini tidak harus selalu berupa alat yang canggih. Bisa saja masyarakat dilatih menggunakan kentongan sebagai sistem peringatan dini. Jika masyarakat sekitar dilatih, maka saat mendengarkan kentongan dengan durasi tertentu, akan mengetahui bahwa ada gempa dan harus segera mengungsi.

Daerah pesisir selatan Jawa, termasuk Jawa Timur dan Bali masuk dalam zona bahaya gempa.  Sebab, di wilayah selatan Jatim terdapat patahan panjang mulai dari Sumatera.

Pakar Geologi dari LIPI, Danny Hilman Natawidjaja mengatakan bahwa terjadinya gempa di Aceh dan Sumatera Utara pada 26 Desember 2004, gempa Jogyakarta pada 27 Mei 2006 dan Gempa Padang yang terjadi pada 30 September 2009, memicu terjadinya patahan di Samudera Indonesia.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Danny mengingatkan tentang adanya potensi gempa yang jauh lebih besar dibandingkan gempa yang terjadi di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

"Kekuatan gempa tersebut sebesar 8,8 SR dengan energi 30 kali lipat lebih besar dibandingkan di Padang dengan skala 7,6 SR," kata Dr Danny Hilman Natawidjaya. Posisi pusat gempa berada di segmen Mentawai, Sumatera Barat.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Gempa 8,8 Skala Ricther itu sendiri tidak berpusat di Jawa Timur, tapi karena berada dalam jalur patahan, Gubernur meminta warganya di pantai selatan untuk berjaga-jaga.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi Bintoro mengatakan bahwa anggota Satlantas Polresta Manado tewas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024