Peringkat Dunia UI & UGM Naik, ITB Turun

VIVAnews - Universitas Gadjah Mada kembali mengukuhkan dirinya sebagai perguruan tinggi kelas dunia. Pemeringkatan yang dilakukan The Times Higher Education – QS World University Rankings, lembaga independen internasional yang dibentuk oleh koran The Times, Inggris, menempatkan UGM pada peringkat 250 tahun 2009.

Peringkat tersebut dipublikasikan oleh THE-QS 9 Oktober 2009 dan merupakan hasil survei sepanjang tahun atas ribuan perguruan tinggi di seluruh dunia. Survei dilakukan berdasarkan 6 (enam) kriteria yang cukup sulit, yakni (a) review oleh kelompok bidang ilmu (bobot 40 persen), (b) review oleh pengguna lulusan (10 persen), (c) indeks sitasi dosen (20 persen), (d) jumlah staf pengajar internasional (5 persen), (e) jumlah mahasiswa internasional (5 persen), dan (f) rasio dosen/mahasiswa (20 persen). Keenam kriteria tersebut menjadi dasar penyusunan skor total masing-masing perguruan tinggi.

Dalam laman resmi UGM, per 12 Oktober 2009, disebutkan, peringkat dunia memang patut disyukuri, namun bukanlah tujuan yang hendak dicapai oleh universitas negeri tertua di Indonesia itu. Segenap sivitas akademika UGM lebih berkomitmen untuk melaksanakan percepatan peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen, dan kerja sama. Pengakuan internasional tersebut akan dimaknai oleh segenap sivitas akademika sebagai tantangan untuk bekerja lebih keras, khususnya dalam rangka mewujudkan visi UGM menjadi universitas riset kelas dunia yang unggul, mandiri, bermartabat, dan dengan dijiwai Pancasila mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa.

Perguruan Tinggi lain di Indonesia yang tercatat pada daftar 500 terbaik dunia adalah UI (peringkat 201) dan Institut Teknologi Bandung (351). Peringkat UGM tersebut naik cukup signifikan, karena pada tahun 2008, UGM berada pada posisi ke 316; demikian juga UI yang pada 2008 berada pada posisi 287. Sementara peringkat ITB mengalami penurunan dari posisi 315 ke 351.

Perguruan tinggi lain di Indonesia yang masuk dalam peringkat 2009 adalah Universitas Airlangga (peringkat 401 – 500). Sementara Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro dan Institut Pertanian Bogor masuk pada peringkat 500-600.

Sebagai universitas bertaraf dunia, UGM saat ini memiliki 900 mahasiswa asing, berasal dari 54 negara. UGM juga memiliki kerjasama berbasis MoU dengan 340 universitas atau institusi internasional.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024