Mahasiswa IPB Ditawarkan Belajar ke Belgia

VIVAnews - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, diterima Pangeran Phillipe, Putra Mahkota Kerajaan Belgia, di Istana Royal Palace Brussel Senin 12 Oktober 2009 kemarin. Dalam pertemuan ini, dijajaki berbagai kerjasama termasuk pertukaran mahasiswa pertanian.

Pertemuan Gubenur Jawa Barat dengan Pangeran Phillipe yang dijadwalkan 20 menit, ternyata berlangsung hingga  35 menit. Menurut Heryawan, suasana hangat dan penuh keakraban meliputi pertemuan itu.

Pangeran Phillipe menyambut baik kunjungan balasan Gubernur Jawa Barat guna mempererat kerjasama ekonomi yang telah terjalin selama ini. Sebelumnya Pangeran Phillipe datang ke Pakuan, ITB Bandung dan ke sejumlah kota di Jawa Barat, medio November 2008 lalu.

“Putra Mahkota Belgia, Pangeran Phillipe memberi perhatian yang besar guna meningkatkan kerjasama dan investasi Belgia," kata Heryawan dalam rilis yang diterima VIVAnews, Selasa 13 Oktober 2009. "Beliau mendapat laporan bahwa perusahaan Belgia di Jawa Barat (Baekart dan Sieon misalnya) berjalan baik.  Untuk itu pula beliau berkeinginan, dalam dua tahun mendatang dapat membawa kembali misi dagang ke Indonesia,” ujar Heryawan.

Pada kesempatan itu, Pangeran Phillipe menyampaikan keprihatinan dan simpati kepada para korban bencana di Sumatera Barat dan Jawa Barat. Selanjutnya untuk meningkatkan hubungan yang lebih erat, Pangeran Phillipe menawarkan program pertukaran mahasiswa dari Institut Pertanian Belgia di Wallon Brabant yang terkenal di Eropa  dengan mahasiswa  Institut Pertanian Bogor Jawa Barat.

Dalam pertemuan ini, Gubernur didampingi sejumlah pejabat antara lain anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Awing Asmawi, Minister Counsellor Pensosbud/Diplik KBRI Brussel P.L.E. Priatna, Sekretaris III Ekonomi Ramzy Kasri dan Sekretaris I Protokol Sigit Widyanto.

Menurut Priatna, jadwal kunker Gubernur Jabar cukup padat. Diantaranya pembicaraan penjajagan kerjasama ekonomi Jabar dengan Belgia. Dalam kunjungan 3 hari (12-14 Okt 2009), selain ke  Port Antwerpen, Gubernur Jawa Barat dan rombongan akan diterima Paul J Cornelius Breyne, Gubernur Wilayah Vlander Barat. Kemudian dengan Gubernur Antwerpen Ny Cathy Berx, dan Gubernur Wilayah Brabant-Wallon,  Ny Marie Jose Caldy”,

Gubernur Ahmad Heryawan akan lakukan presentasi khusus kepada para pengusaha dari wilayah Vlanderen dan Brabant. “Presentasi itu khusus  menjelaskan potensi ekonomi Jawa Barat. Dan mengundang mereka hadir dalam West Jawa International Expo di Bandung, 8-12 November 2009 mendatang,” kata Dewi Kusumastuti, Minister Counsellor Ekonomi KBRI Brussel.

Turut dalam kunjungan balasan ke Belgia, Kepala BKPMD Jabar, Iwa Karniwa, Kepala Kerjasama Luar Negeri Pemda Jabar Lessy Anggraeni, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Thahir Sastrodiningrat dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat Yusuf Suhyar.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

Partai Demokrat menyebut nama kadernya Dede Yusuf yang potensial untuk diusung dalam Pilkada Jakarta 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024