2.000 Perangkat Desa Unjuk Rasa di DPR

VIVAnews - Sebanyak 2.000-an perangkat desa yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Rakyat Desa Nusantara (Parade Nusantara) berdemonstrasi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat. Mereka mendatangi Dewan, untuk menuntut alokasi anggaran lebih besar untuk desa.

Aksi yang digelar mulai pukul 09.00 Waktu Indonesia Barat, Senin, 17 November 2008, di depan Gedung Dewan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, itu menimbulkan kemacetan. Massa demonstran yang berdatangan dari Sumatera dan Jawa itu sebagian besar mengenakan seragam kepala desa berwarna coklat dan hijau.

Menurut Wakil Koordinator aksi yang juga Kepala Desa Hulu Temanggung, Jawa Tengah, Darmanto, aksi ini menuntut alokasi dana desa sebesar 10 persen langsung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Menurut Darmanto, lebih dari 70 ribu desa di Indonesia masih identik dengan kemiskinan akibat minimnya modal. "Padahal jumlah penduduk Indonesia 78 persen berdomisili di pedesaan," katanya.

Tuntutan kedua, para perangkat desa ini meminta jabatan kepala desa diperpanjang jadi 10 tahun. Perpanjangan iniĀ  karena kondisi riil masyarakat pedesaan yang tereksploitasi dengan agenda politik mulai dari pemilihan kepala desa, bupati, gubernur, Pemilu dan Pemilihan Presiden. "Dengan demikian, sangat perlu menambah masa jabatan Kepala Desa dari 6 tahun menjadi 10 tahun," kata Darmanto.

Aksi para perangkat desa ini menarik minat para wakil rakyat untuk mendengarkan aspirasi mereka. Sepuluh orang perwakilan demonstran diterima masuk ke DPR. Mereka diagendakan bertemu dengan Partai Demokrat, kemudian Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, lalu siangnya diterima Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024